Prosesi Pelantikan Ketua PKMFP ke-IX

Yogyakarta.  Prosesi pelantikan ketua terpilih Paguyuban Keluarga Mahasiswa Fakfak Papua (PKMFP) Se-Yogyakarta di gelar pada Sabtu 11 April 2015 di Balai Pertemuan Tambakbayan RW 48 No.04 Babarsari. 

Acara pelantikan baru dimulai sekitar pukul 20.20 Wib, yang bertugas sebagai MC yakni Naomi Fenetiruma. Rangkaian acaranya antara lain, pembukaan, doa, yang dibawakan dari versi muslim oleh Irfan Bay, 
selanjutnya masuk pada pelaksanakan Sumpah Jabatan ketua terpilih. Sumpah jabatan ini dibacakan oleh Sesepuh Paguyuban Bapak Jermias Jamlean yang diikuti oleh ketua terpilih Ulfa Gaeda Ugar dihadapan para tamu undangan dan juga anggota paguyuban yang hadir. 

Penandatanganan SK Ketua dari Pimpinan Sidang, GabrielHegemur dan Kasparina Tanggahma kepada ketua baru. Selanjutnya serah terima jabatan dari Ketua Lama, Musa Hegemur kepada ketua baru, Ulfa Gaeda Ugar  yang ditandai dengan ketua lama memakaikan “kabari”  dan penyerahan cap organisasi kepada Ketua.

Proses pengambilan sumpah jabatan, serah terima jabatan  berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada kendala kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

 Sambutan yang  pertama dari Ketua Panitia, Albert Nimbitkendik. Beberapa hal yang sempat disampaikan oleh ketua Pantia, 

Kinerja panitia reorganisasi menggunakan tiga hari untuk reorganisasi  karena ada beberapa kendala atau hal sehingga sidang ditunda sampai pada hari senin 6 April 2015 Penutupan Sidang baru dilanjutkan di Dupiad Ma Wiri dan puncaknya hari ini kami bisa adakan Pelantikan Badan Pengurus yang baru. Kami panitia juga memberikan apresisasi kepada semua teman-teman yang telah hadir pada acara pelantikan ini.
Harapan untuk ketua terpilih, ada banyak hal yang sudah dilakukan, ada juga yang tidak namun pilihan teman-teman pada ketua yang baru ini maka  untuk tetap melakukan yang terbaik untuk membangun organisasi ini. 

Sambutan berikutnya  dari ketua lama Musa Hegemur,  yang intinya menyampaikan terkait keterlambatan dalam reorganisasi yang seharusnya dilaksanakan pada November 2014 namun terkendala dan baru bisa dibentuk pantia yang mana dilaksanakan pada 2015. Selain hal itu, ketua lama juga menyampaikan terimakasih kepada badan pengurus lama yang sudah berpartisipasi jalan bersama sampai akhir masa jabatan. Kemudian ditambahkan dengan ada beberapa hal yang juga dalam masa kepengurusan yang tidak berjalan maksimal sesuai dengan amanat AD/ART. Oleh karena itu mengharapkan kepada kepengurusan yang baru agar lebih baik lagi.

Sambutan dari Sesepuh PKMFP yakni bapak Jeremias Jamlean.
Beberapa hal yang disampaikan oleh sesepuh seperti yang ada dibawah ini :
Ini satu record, pertama kali seorang Nan duduk sebagai ketua PKMFP. Dipertahankan bukan karena suara terbanyak tapi karena untuk kepentingan membangun paguyuban kedepan. Terimakasih untuk pengurus lama dan juga untuk pengurus baru.   Untuk ketua baru, jalan didepan masih lebar, tanggung jawab masih berat. Semoga cari orang yang mendukung ade dengan tepat sehingga dua tahun kedepan dapat berjalan dengan baik. Saya berharap ada sesuatu yang baru, karena ketua yang baru seorang perempuan.  Diakhir sambutan sesepuh sampaikan “ Kitong harus belajar dan terus belajar dan gali, kalau cuma bicara saja belum, harus ada belajar.

Sambutan dari ketua baru :
Mengawali sambutannya ketua baru, Ulfa Gaeda Ugar dengan suara serak basah karena terharu bahkan menangis beberapa detik hening dan kemudian disambut tepuk tangan menguatkan untuk meneruskan sambutannya.
 Saya mendapat kehormatan dipilih untuk menjadi ketua PKMFP kearah yang lebih baik. Saya terlihat cengeng bukan karena apa tetapi saya terharu karena bisa dipercaya dan bisa berada didepan sini. Saya dipilih untuk memimpin menjadi ketua PKMFP, saya akan memimpin dengan segala tanggung jawab dan ikhlas dengan apa yang diamanatkan kepada saya. Membangun PKMFP bersama seluruh anggota PKMFP untuk kedepan.

Lanjutan acara penyerahan cindera mata dari panitia yang diwakili Yoris Hindom kepada badan pengurus lama, Musa Hegemur, cindera mata berbentuk pala.
Kemudian doa sekaligus untuk santap malam dan untuk penutupan yang dibawakan oleh doa versi Katolik oleh Bram Sandy Krispul.

Prosesi pelantikan ini usai sekitar pukul  21.10 Wib. 

Dari pantauan ditempat acara pelantikan jumlah total yang hadir anggota dan para undangan sebagaimana terdata pada buku tamu ada 47 orang.(GH)